RSS

Atsuta Jingu

09 Apr

Atsuta adalah nama sebuah kuil Shinto yang sangat terkenal di Jepang, kuil ini terletak di Atsuta-ku, kota Nagoya. Didirikan pada masa pemerintahan kaisar Keiko antara tahun 71-130 dan masih eksis hingga saat ini. Luasnya kurang lebih 200.000 m2 dan dikunjungi 9 juta pengunjung setiap tahun. Hebatnya, kuil ini relatif masih mempertahankan keindahan aslinya sejak awal dibangun dan dikelilingi ribuan pohon berusia ratusan tahun yang menambah sejuk suasana.

Menurut Kojiki (salah satu buku tertua di Jepang), kuil Atsuta merupakan tempat penyimpanan salah satu pusaka Jepang yang legendaris, yaitu Kusanagi no Tsurugi. Kusanagi no Tsurugi sendiri adalah sebuah pedang yang dipercaya diturunkan langsung oleh Amaterasu Omikami (dewi Jepang) sebagi tanda keturunan kekaisaran yang konon dianggap sebagai anak cucu para dewa.

Menurut kepercayaan Shinto, kuil Atsuta dibangun sebagai penghormatan kepada Atsuta no Ookami yang didalamnya terdapat 5 dewa besar Atsuta, antara lain Amaterasu Omikami, Susanoo no Mikoto, Yamato Takeru no Mikoto, Miyasu Himeno Mikoto dan Take Inadane no Mikoto. Kelima dewa tersebut berhubungan langsung dengan legenda pedang Kusanagi no Tsurugi yang menjadi 1 dari 3 benda pusaka Jepang.

Mau tahu ada apa aja di kuil ini? Well…,, Atsuta menyimpan lebih dari 4000 relik dan 174 diantaranya merupakan benda cagar budaya yang sangat penting bagi Jepang. Ada sebilah belati yang menjadi harta nasional Jepang dan banyak koleksi Atsuta berupa pedang (katana), topeng Bugaku, pakaian tradisional, furnitur berusia ribuan tahun dan banyak lagi koleksi menarik lainnya.

Tidak hanya itu, kuil Atsuta juga banyak menggelar festival yang berhubungan dengan acara keagamaan Shinto seperti Hatsu Ebisu (upacara mencari keberuntungan di tahun baru), Hosha Shinji (ritual memanah), Bugaku Shinji (tarian ceremonial) dan berbagai upacara atau festival tahunan yang unik. Totalnya ada kurang lebih 70 festival setiap tahun yang diadakan di kuil Atsuta, luar biasa banyaknya kan!?

So, apa kamu tertarik pergi ke Atsuta? ^^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 09/04/2010 in J-Spot

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: